TKJ - Teknik Komputer Jaringan: Jenis - jenis Jaringan

Jenis - jenis Jaringan

Secara umum jaringan komputer terdiri atas lima jenis :

1) Local Area Network (LAN),
 merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan  workstation dalam kantor suatu  perusahaan  atau pabrik- pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

b) Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya  berdekatan  atau  juga  sebuah  kota  dan  dapat  dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data  dan  suara,  bahkan  dapat  berhubungan  dengan  jaringan  televisi kabel.

c) Wide   Area   Network   (WAN)
jangkauannya   mencakup   daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

d) Internet
Sebenarnya   terdapat   banyak   jaringan   di   dunia   ini,   seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan  seperti   ini   memerlukan  hubungan   antar   jaringan   yang seringkali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini  diperlukan  sebuah  mesin  yang  disebut  gateway guna  melakukan hubungan   dan   melaksanakan   terjemahan   yang   diperlukan,   baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

e) Wireless (Jaringan tanpa kabel)
jaringan tanpa kabel merupakan suatu  solusi  terhadap  komukasi  yang  tidak  bisa  dilakukan  dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil  atau  pesawat  terbang,  maka  mutlak  jaringan  tanpa  kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat  ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © TKJ - Teknik Komputer Jaringan