TKJ - Teknik Komputer Jaringan: Pengkabelan Jaringan Komputer

Pengkabelan Jaringan Komputer

Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel, menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain, namun bukan berarti kurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka dengan terminator diujungnya).  Seiring  dengan  perkembangan  teknologi,  penghubung antar komputer pun mengalami perubahan serupa, mulai dari teknologi telegraf yang memanfaatkan gelombang radio hingga teknologi serat optik dan laser menjadi tumpuan perkembangan jaringan komputer.

Hingga sekarang, teknologi jaringan komputer bisa menggunakan teknologi  “kelas”  museum  (seperti  10BASE2  menggunakan  kabel Coaxial) hingga menggunakan teknologi “langit” (seperti laser dan serat optik). Akan dibahas sedikit bagaimana komputer terhubung satu sama lain, mulai dari teknologi kabel Coaxial hingga teknologi laser.

Pemilihan jenis kabel sangat terkait erat dengan topologi jaringan yang digunakan. Sebagai contoh untuk jenis topologi Ring umumnya menggunakan   kabel   Fiber   Optik   (walaupun   ada   juga   yang menggunakan twisted pair). Topologi Bus banyak menggunakan kabel Coaxial. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau  tidak.  Karena  kalau  tidak  sungguh-sungguh  diukur secara benar akan merusak NIC (Network Interface Card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi jaringan Star banyak menggunakan jenis  kabel  UTP.  Topologi  jaringan  dan  jenis  kabel  yang  umum digunakan dapat dilihat pada tabel berikut:

Topologi JaringanJenis Kabel
Topologi BusCoaxial, twisted pair, fiber
Topologi RingTwisted pair, fiber
Topologi StarTwisted pair, fiber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © TKJ - Teknik Komputer Jaringan